Senin, 13 Februari 2012

Rumah Kost


Perencanaa rumah kost ini merupakan hasil rancangan pendekatan saya mengenai konsep ideal sebuah rumah kost. Setidaknya ini menurut teman2 saya, sebagai mantan anak kost2an Maklum saya belum pernah kost...hehehe..jadi info dari temen2 saya aja yg hobi nge kost ...wkwkwk...  So, apa aja yang wajib kita pertimbangkan untuk merancang layout denah sebuah kost2 an :

  1. Sirkulasi udara dan cahaya. Konten ini wajib dipenuhi untuk memberikan kondisi yang nyaman bagi penghuni kost. Banyak cara untuk menyediakan sirkulasi udara dan cahaya yang nyaman di rumah  kost antara lain :
    1. Tidak memaksimalkan lahan semuanya untuk kamar  kost, pertimbangkan ruang terbuka . Salah satunya dengan pembuatan selasar yang memadai. 
    2. Penempatan bukaan pintu dan jendela yang bagus
    3. Pengaturan sistem sirkulasi km/wc, (terkait utilitas bangunan)  
  2. Parkir kendaraan bermotor. Jumlah kendaraan yang dari hari ke hari semakin bertambah jumlahnya, membuat lahan parkir juga semakin sempit. Sehingga ketersediaan parkir menjadi menu wajib rumah kost. Kecuali memang tidak mungkin seperti di perumahan padat penduduk.
  3. Garasi sepeda motor. Saya tidak berbicara mobil lho ya (maklum rumah kost,kalau dah punya mobil kayaknya dah g' nge kost lagi,kontrak mungkin hehehe...). Setelah kita bisa parkir dengan mudah, tentunya unsur keamanan juga menjadi pertimbangan, yaitu dengan memiliki garasi untuk menyimpan dan memarkir kendaraan kita secara aman ketika kita parkir lebih lama.
  4. Space kamar tidur yang memadai.  Ketika kita mau buat kamar kost, kita juga harus juga mempertimbangkan furniture yang akan masuk di dalamnya. Single bed, lemari kecil dan meja kecil biasanya menjadi kelengkapan standar  kamar  kost saat ini. So, saya pikir 3×3 meter  dan ditambah dengan km/wc 1.5x1.5 menjadi ukuran minimal untuk kamar yang layak.
  5. Areal service. Anak  kost khan juga butuh buat kopi,buat teh, masak kecil,  nyuci baju (even ada laundry), dan menjemur pakaian. Jadi selayaknya kita pertimbangankan ketersediaannya  tempat cuci, tempat jemur, dan pantry. Pokoknya asyik kalau rumah kost ada fasilitas ini
  6. Ruang kebersamaan. Anak kost juga perlu kumpul kumpul, bersosialisasi, ngopi bareng, lihat TV bersama (apalagi pasa ada acara sepak bola) . Mantap. Jadi ruang “keluarga” bisa lah diselipkan dalam rencana denah kita. 
  7. Kamar mandi. Mau di luar atau di dalam sama aja. Pokoknya ada. Tentunya lebih nyaman di dalam ya? . Bila ingin diletakan di luar kamar memang lebih efisien karena jumlah kamar tidak berbanding lurus dengan kamar tidur.Tetapi tetap usahakan memperhatikan perbandingan antara penghuni kost dengan kamar mandi.
  8. Utilitas bangunan. Kayaknya hal ini sering disepelekan para pemilik kost. Coba deh rencanakan yang baik dengan yang memang ahli utilitas bangunan. Sehingga instalasi listrik, air bersih dan air kotor dapat direncanakan dengan sebaik-baiknya.
Mungkin sementara saya mendapatkan masukan dari teman2 seperti ini,mungkin kalau temen2 lain ada yang sedikit berbeda pendapat atau malah ada tambahan masukan silahkan ditambah aja......Lebih banyak masukan akan lebih nyaman suatu perencanaan rumah dan tempat kost.

Ini beberapa desain perencanaan tempat kost 2 lantai.Dengan konsep minimalis dengan atap pelana untuk memudahkan sirkulasi air hujan,sehingga kenyamanan bagi pengguna kost bisa terwujud.

Tampak depan rumah dan tempat kost


Perspektif depan rumah dan tempat kost

Perspektif depan rumah dan tempat kost
Sebenarnya untuk warna cat rumah ini bisa disesuikan dengan selera penghuni rumah,karena setiap individu mempunyai selera sendiri-sendiri....

Semoga artikel ini bisa menambah sedikit pengetahuan tentang suatu perencanaan rumah dan tempat kost.

0 komentar:

Posting Komentar