Senin, 31 Oktober 2011

.............Konsep Perencanaan Masjid

Fungsi suatu masjid/mushola kota yang hanya sekedar sebagai tempat salat, padahal seharusnya fungsinya lebih luas lagi yaitu sebagai sarana pengembangan pendidikan serta kegiatan ibadah komunitas Islam, yang mencakup fungsi syiar, sosial, ukhuwah, dan budaya.

KONSEP MASJID secara umum
Konsep Masjid/mushola
a) Suatu binaan yang dikhususkan kepada orang Islam bagi melaksanakan ibadah. 
b) Istimewa kerana umat Islam berkewajipan untuk datang ke masjid sekurangnya sekali seminggu
    untuk menunaikan solat Jumaat. 
c) Nadi pembangunan masyarakat Islam duniawi dan ukhrawi. 
d) Sebagai tempat majlis ilmu ,akad nikah, mesyuarat dan sebagainya. 
e) Masjid adalah syiar agama Islam

ilustrasi udara/angin
Sirkulasi udara/angin sebagai akses masuk keluarnya udara sehingga kenyamanan ibadah bisa terwujud yang diharapkan kekhusyu'an menjalankan ibadah bisa lebih maksimal.
ilustrasi udara/angin
ilustrasi pencahayaan

Penghawaan dan pencahayaan sebagai akses penerangan baik berfungsi sebagai penerangan pada siang dan penambahan beberapa lampu sebagai penerangan malam hari.Dan dengan penambahan lampu untuk malam hari kesan arsitektural masjid akan lebih menonjol.
ilustrasi pencahayaan pada siang hari

ilustrasi penghawaan
 
Penggunaan ornamen sebagai elemen pelengkap masjid yang selain hanya diterapkan pada hal-hal yang sifatnya fungsional, juga diekspresikan lewat keindahan material yang secara jujur ditampilkan.

Pada konsep perancangan bangunan dan konsep ruang, selain konsep Innal mubadzirin dan ke Esa-an serta keterbukaan diterapkan pula konsep Ijtihadiyah dalam hal eksplorasi kreativitas. Pada konsep perancangan bangunan ini mencoba mengeksplore struktur kubah masjid dengan bentuk bulat untuk lebih mempertegas fungsi bangunan itu sendiri yaitu masjid.Dalam perkembangannya dalam pembangunan masjid dilakukan.




















0 komentar:

Posting Komentar