Rabu, 26 Juni 2013

Rumah di daerah tropis


Rumah di daerah tropis

Rumah Tropis adalah rumah dimana bentuk maupun elemen – elemen pembentuknya  dirancang sedemikian rupa sehingga cocok dan nyaman untuk daerah yang beriklim tropis.Rumah tropis akan mengoptimalkan potensi iklim tropis dan mengurangi dampak/ pengaruh buruk iklim tropis. Dengan kata lain rumah tropis adalah konsep desain yang mampu beradaptasi dengan iklim tropis.

Kerugian
Namun daerah dengan iklim tropis juga mempunyai permasalahan yaitu kondisi udara yang panas akibat suhu udara dan kelembaban udara yang tinggi. Kondisi udara yang panas tersebut dirasakan melebihi batas ambang kenyamanan.

Beberapa alternatif cara untuk mengantisipasi rumah didaerah tropis:
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa permasalahan utama di daerah iklim tropis adalah permasalahan suhu udara yang cukup panas. Untuk itu dalam  perlu adanya pengendalian suhu udara di dalam rumah. Pengendalian suhu udara dapat dilakukan dengan cara :
1. Memperbesar volume ruang atap
2. Memperbesar luas bukaan ventilasi agar volume angin yang masuk ke dalam ruangan menjadi lebih banyak
3. Penataan ruang yang bersifat terbuka sehingga angin lebih mudah bergerak dalam ruangan
4. Memasukkan unsur air berupa kolam juga akan mengurangi suhu udara
5. Memperbanyak unsur tanaman / taman

Sebagian cara diatas sangat dipengaruhi oleh penyinaran matahari yang terjadi terus menerus setiap hari  sepanjang tahun. Faktor matahari inilah yang menjadi potensi sekaligus kendala iklim tropis. Cahaya matahari merupakan salah satu potensi iklim tropis yang melimpah setiap hari sepanjang tahun. Rata – rata daerah tropis menerima cahaya matahari hampir selama 12 jam sehari.







0 komentar:

Poskan Komentar